Kepoin perbedaan Sablon manual dan digital yuk

Mungkin diluaran sana masih banyak yang bertanya apa sih perbedaan antara sablon digital dan manual. Kalau secara harfiah dan simplenya adalah Sablon manual adalah teknik sablon yang 85 % menggunakan tenaga manusia, jadi prosesnya benar-benar manual dengan tenaga manusia dan hanya beberapa persen saja dengan bantuan alat. Sedangkan Sablon digital atau yang lumrah dikenal Dtg adalah Teknik sablon yang 90% memanfaatkan mesin (secara digital). Untuk estimasi wakti biasanya sablon digital hanya memerlukan waktu yang relatif singkat jika ada order lusinan pun dapat diselesaikan hanya dalam sehari. Sedangkan sablon manual memerlukan waktu berhari-hari karena dalam pembuatannya harus melewati beberaapa tahapan sampai menghasilkan kaos yang siap dipakai.

Berikut diatas adalah gambaran singkat tentang perbedaan sablon kaos manual dan digital, mari kita cari tahu lebih lanjut perbedaan dari keduanya ,
  1. Estimasi Waktu yang diperlukan , Sablon digital waktu pengerjaannya relatif lebih cepat hanya butuh 1-2 hari untuk pengerjaan banyak sekalipun. Sablon manual pengerjaanya relatif lebih lama berkisar antara 10-17 hari tergantung dari banyaknya order dan jumlah pekerja. Sehingga merujuk dari estimasi waktu yang dibutuhkan, Umumnya utuk pengerjaan kaos event,kampanye partai dan hal-hal yang memerlukan waktu sedikit dan mendesak lebih memilih sablon digital karena pengerjaannya yang bisa cepat selain itu harganya pun murah.
  2. Bahan kaos , Bahan kaos yang dapat digunakan dan dapat diimplementasikan pada sablon digital sangat-sangat terbatas, beberapa diantaranya adalah TC, PE, Cardet , Combed 20s Putih, selebihnya tidak bisa. Berbeda dengan Sablon manual, hampir semua kain dapat digunakan pada sablon digital. Bahan Cotton combed sangat pas dan cocok digunakan pada sablon kaos manual. Belakangan ini memang ada teknologi terapan yang memungkinkan bahan cotton combed digunakan pada sablon digital, namun hasil yang didapatkan tidak akan maksimal dan tidak bertahan lama seperti pada sablon digital.
  3. Harga, Harga sablon kaos digital lebih murah dikarenakan pengerjaan yang mudah dan cepat dan hampir keseluruhan menggunakan bantuan mesin,selain itu bahan kaos yang digunakan juga lebih murah dari kaos manual sehingga biaya produksinya lebih murah. Sedangkan Sablon manual harganya lebih mahal karena menggunakan bahan cotton combed serta proses pengerjaannya yang ckup memakan waktu dan tenaga. Kualitasnya sangat bagus dan tahan lama, sablonnya tebal dan presisi. 
  4. Biaya Investasi, Sablon digital mahal di alat-alat produksi. Seperti mesin-mesin dan printer yang nanti akan digunakan. Sehingga biasanya para sabloners digital menaikan harga pada awal-awal produksi untuk mengembalikan modal, setelah itu harga produksi jadi murah. Sedangkan sablon manual, mahal di biaya produksi karena hampir kesehelurhan pengerjaan menggunaakn tenaga manusia dikerjakan dengan manual,, selain itu ada seni disini misalnya dalam pemisahan warna dan lain sebagainya sehingga cost yang dikeluarkan juga lebih mahal :)
Setelah mengetahui perbedaan dari mulai bahan,waktu yangdiperluka,harga,dan biaya investasi sekarang kita tiba saatnya cara mengetahui dan membedakan mana kaos dengan sablon digital mana kaos dengan sablon manual. Cara membedakanya adalah dengan langkah-langkah berikut ini ;
  1. Diraba, Jika anda pernah membeli kaos coba bedakan jika sablonnya tips dan banyak warna alias warna warni maka tiada lain dan tiada bukan itu adalah sablon digital. Namun jika tekstusnya tebal dan tidak terlalu banyak warna maka itu adalah sablon manual.
  2. Dilihat, Coba bedakan warna desainnya, jika banyak sekali tumpukan warna warni gradasi dapat dipastikan itu sablon digital, sedangkan sablon manual menggunakan vektor untuk menumpuk dan memisah warna.
Lalu lebih baik memilih yang mana???,, sablon kaos manual atau sablon kaos digital???..,, semuanya kembali lagi tergantung kebutuhan,, jika anda adalah calon konsumen yag ingin order pada jasa sablon kaos, dan kaos yang akan di sablon tidak terlalu diperhatikan masalah ketahanan dan lain sebagainya dan budget terbatas pilih sablon digital, namun jika keperluan kaos itu akan diperuntukan dan digunakan sampai waktu yang cukup lama dan anda ada budget lebih  maka Jasa sablon kaos manual adalah pilihan tepat. Demikianlah informasi seputar perbedaan sablon manual dan digital.

sumber referensi : https://www.facebook.com/notes/rocket-queen-shop/beda-sablon-digital-vs-sablon-manual/179526925451000